Tuesday, May 1, 2012

ALF Nilai Survei Migas Zaratex NV Kelabui Warga

Posted by Isbahannur  |  at  9:56 AM



BANDA ACEH - Kordinator Aceh Liberation Front (ALF) Isbahannur menilai survey yang dilakukan oleh Zaratex NV yang bekerjasama dengan PT Quest Geophysical Asia dalam melakukan penelitian untuk mengetahui kandungan minyak dan gas di Kecamatan Nisam kabupaten Aceh Utara tidak jelas dan dalam pelaksanaannya mengelabui warga sekitar areal survei.

Dijelaskannya, survey seismik merupakan salah satu bagian dari seismologi eksplorasi yang dikelompokkan dalam metode geofisika aktif, dimana pengukuran dilakukan dengan menggunakan ‘sumber’ seismic (palu, ledakan, dll). Setelah usikan diberikan, terjadi gerakan gelombang di dalam medium (tanah/batuan) yang memenuhi hukum-hukum elastisitas ke segala arah dan mengalami pemantulan ataupun pembiasan akibat munculnya perbedaan kecepatan. Kemudian, pada suatu jarak tertentu, gerakan partikel tersebut di rekam sebagai fungsi waktu. Berdasar data rekaman inilah dapat ‘diperkirakan’ bentuk lapisan/struktur di dalam tanah.

" Polemik survey seismic untuk mengetahui kandungan minyak dan gas di sekitar Aceh Utara, Lhokseumawe dan bireuen yang dilakukan oleh PT Quest Physical Asia (Sari Pari Geosains sudah habis kontrak februari 2011-red), selaku kontraktor yang ditunjuk oleh Zaratex NV sangat tidak menghargai pemilik tanah," jelasnya.

Ia mengatakan aktifitas pertambangan minyak bumi dan gas alam tak membawa kesejahteraan bagi rakyat di sekitar lokasi tambang. Kegiatan tambang migas justru mendatangkan kesengsaraan bagi rakyat. Pada dasarnya, semua perusahaan yang terlibat dalam eksplorasi minyak dan gas bumi harus memperhitungkan berbagai faktor risiko yang terkait dengan mereka selama masa eksplorasi berlangsung. Khususnya pada perusahaan-perusahaan yang menggunakan metode eksplorasi seismic sebagai metode dalam pencarian minyak dan gas bumi pada suatu daerah tertentu.

" Dampak yang mungkin di timbulkan dari pelaksanaan eksplorasi tersebut. Diantaranya dampak terhadap kondisi sosial, dampak terhadap kondisi ekonomi, dampak terhadap kondisi budaya masyarakat," tuturnya

Ditambahkannya, meski survei mengatakan belum ada jaminan bakal ada kegiatan eksplorasi migas.Seperti yang terjadi di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, survei seismic 2D yang dijalankan oleh PT Quest Geophysical Asia subkon Zaratex NV.

" Mereka memasuki kebun kebun masyarakat langsung tanpa sepengetahuan dan izin pemilik tanah, disamping merusak tanaman juga ekosistem tanah dan habitat darat, juga pemberian kompensasi tanaman warga yang rusak tidak layak," katanya.

Selain itu Isbahanur juga mengatakan bahwa pihaknya, bersama seluruh pemilik lahan di kecamatan Sawang meminta Zaratex untuk memberi kompensasi yang layak.

" Kami harap zaratex belanda menghargai pemilik lahan," tukasnya.

Ia juga menghimbau kepada warga jangan pernah mau ditipu oleh perusahaan belanda itu, mereka melakukan survey ditanah warga, tapi hasil suvey berupa data dijual untuk perusahaan lain, mereka mencari keuntungan diatas tanah warga.

" Kami harap warga mau duduk bersama tanpa pihak Zaratex untuk bermusyawarah menetapkan harga kompensasi yang layak. Mengingat warga sebagai pemilik tanah yang sah, jadi Zaratex kami minta untuk menerima permintaan pemilik tanah, bila tidak hentikan seluruh kegiatan survey seismic dan kami persilahkan dengan hormat untuk hengkang dari Aceh," tandasnya. | Waspada

Isbahannur

Jurnalis acehbaru.com yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Organ Sipil Lain di Aceh

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

comments
© 2013 Brigent. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top